Senin, 14 Januari 2013

tips seo sederhana

Tips-tips SEO ini sebenarnya sangat mudah dan cukup sederhana dan bisa dilakukan walaupun oleh seorang yang baru membuat blog. Berikut tips-tips yang dapat saya berikan ke sobat blogger.

1. Tulislah artikel yang bermutu.
Bermutu yang saya maksud di sini adalah buatlah artikel original, asli hasil olah pikir sendiri. Saya yakin seorang master blogger pun terkadang "mencopy paste" dari artikel blogger lain (termasuk saya) untuk membuat artikel blognya, dan tidak 100% isinya adalah hasil idenya sendiri, namun copy paste dengan cerdas, tidak mentah-mentah mengcopas tulisan dari blog lain. Ubahlah dengan gaya bertutur sobat sendiri, dan ini lebih disukai google.

2. Maksimalkan kata kunci artikel blog.
Bagaimana caranya? Buatlah judul dengan keyword yang padat, jangan asal-asalan membuat judul blog, upayakan artikel berisi minimal 200 kata dan tentu saja harus sesuai dengan tema atau judul postingan blog. Pasang meta tag deskripsi blog dan meta tag deskripsi postingan blog. Sobat bisa mencari kata kunci yang populer dicari dengan masuk ke google adwords di google webmaster tools. Atau bisa juga mengetahuinya di google Trends. Memaksimalkan keyword postingan blog juga bisa dilakukan dengan add caption dan memasang alt image text pada gambar di artikel blog.

3. Kirim artikel ke web directory.
Web directory adalah situs tempatnya para blogger mengirimkan artikelnya. Sebut saja kalau di Indonesia ada infogue.com , lintas.me, plipeo.com dan masih banyak puluhan web directory lokal yang lain. Untuk yang luar negeri saya sarankan bloggers.com , bloglog, blogtopsites.

4. Mendaftarkan blog ke Google dan Submit sitemap blog ke google.
Mendaftarkan blog ke google dan mengirimkan sitemap atau peta situs wajib dilakukan agar blog lebih SEO friendly. Ini bisa dilakukan lewat Google webmaster tools.

5. Mendaftarkan blog di Bing dan Yahoo dan Submit sitemap ke Bing webmaster tools.
Memang sejak Bing dan Yahoo bergabung, blogspot seolah kena getahnya, khususnya blog-blog baru yang dibuat setelah Nopember 2011. Dimana sulit sekali bagi blogspot untuk menembus indeks pencarian bing dang yahoo. Namun tidak ada salahnya jika kita mencobanya.

6. Rajin blogwalking alias berkunjung ke blog-blog lain
Kalau perlu berikan komentar, namun berikanlah komentar yang bermutu jangan asal-asalan, berikanlah pertanyaan berbobot, berikan saran yang membangun jika perlu. Saya yakin pemilik blog akan senang jika diberi masukan. Satu yang terpenting, gentleman lah dalam berkomentar, jangan pakai identitas anonimous, pakailah akun google, namun akan lebih cerdas lagi bila kita memakai akun blog kita (name + url blog), siapa tau si pemilik blog dengan senang hati memberikan backlink ke blog kita.

7. Pilih template blog yang ringan loadingnya agar pengunjung betah.
Tips agar blog menjadi ringan bisa sobat buka di artikel cara membuat loading blog menjadi ringan

8. Buatlah widget-widget jejaring sosial di blog sobat.
Caranya bisa dengan memasang tombol suka facebook, memasang tombol share di postingan blog maupun memasang tombol share di sisi blog dan membuat halaman facebook di blog

9. Memasang Read More di artikel blog.
Memasang read more selain menambah pageview blogs juga membuat homepage atau beranda blog mejadi lebih ringan, termasuk saat pengunjung membuka label atau kategori. Pembahasannya bisa sobat buka di artikel cara membuat read more manual dan membuat read more otomatis di postingan blog.

10. Jadikan blog sobat dofollow.
Mungkin ini yang terakhir dan cukup riskan, (silakan cari referensinya sendiri) jadikan blog sobat dofollow, salah satunya ialah di bagian komentar agar blog Anda kebanjiran komentar. Caranya ialah dengan menghapus kode rel nofollow atau mengganti kode nofollow menjadi dofollow.

0 komentar:

Posting Komentar